Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

VISI DALAM HIDUP KITA

Friday, June 1, 2007

Pernahkah dalam hidup Anda merasakan suatu keadaan dimana Anda merasa sangat tidak bersemangat atau kehilangan gairah sama sekali untuk melakukan kegiatan apapun ?

Apakah yang sebenarnya menjadi penyebab keadaan tersebut ?

Ada sebuah kisah sederhana yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Di suatu negara, ada satu tim dayung yang terkenal tangguh. Tim tersebut sudah dikenal oleh khalayak ramai. Berbagai kemenangan telah sering diraih oleh tim tersebut. Suatu hari tim tersebut ikut ambil bagian dalam satu perlombaan dayung. Di tempat diselenggarakannya perlombaan, telah menanti dengan setia para penggemar tim itu. Arena perlombaan jadi terdengar riuh sekali oleh teriakan pengobar semangat para pendukung masing-masing tim dayung. Tidak ketinggalan pula pendukung tim yang terkenal itu. Tampak sekali hal tersebut membawa pengaruh bagi tim dayung itu.

Start awal telah dimulai dan tim dayung tersebut langsung menempati posisi pertama. Terlihat dengan jelas kekompakan dan ketangguhan tim tersebut. Para pendayung dengan semangat mendayung perahu hingga melesat dengan cepat. Pun demikian para penyorak yang meneriakkan yel-yel pembakar semangat. Keadaan tersebut berlangsung cukup lama. Sampai ketika tiba-tiba cuaca berubah menjadi mendung. Kabut perlahan mulai muncul menghalangi jarak pandang para pendayung. Tim tersebut tetap mendayung perahunya dengan semangat menembus kabut. Awalnya keadaan tersebut tidak mempengaruhi semangat dan mental para pendayung. Tetapi lama-kelamaan perahu mereka mulai melambat. Gerakan dayung mereka pun mulai melemah. Melihat keadaan demikian, para penyorak dengan menggebu meneriakkan yel-yel pembakar semangat. Sayangnya teriakan tersebut tidak banyak membantu menaikkan semangat para pendayung yang sudah terlanjur turun. Akibatnya, mereka harus menderita kekalahan dan berada di posisi paling akhir mencapai finish.

Usai perlombaan, pemimpin para pendayung tersebut diwawancarai oleh wartawan. Ketika dia ditanya tentang penyebab kekalahan timnya, dia menjawab “Ketika perahu kami mulai menembus kabut, pandangan kami jadi terhalang. Kami tetap berkeras untuk melawan situasi tersebut. Namun, kabut semakin tebal. Pandangan kami jadi sangat terbatas. Keyakinan dan semangat kami pun menjadi goyah. Sampai akhirnya kami benar-benar putus asa dan merasa tidak sanggup lagi melawan situasi tersebut”.

Hal yang dapat kita ambil sebagai bahan analisis dari kisah sederhana tersebut adalah Ketidakmampuan kita melihat masa depan kita sendiri dapat menurunkan keyakinan dan semangat hidup kita, bahkan memaksa kita jatuh pada keadaan putus asa.

Saran yang cukup bijak mengatasi situasi tersebut adalah Tetapkan dengan jelas visi dalam hidup kita, tujuan yang ingin kita raih dalam hidup ini. Buat hidup kita penuh warna, penuh keceriaan, kegembiraan dan menyenangkan. Sehingga seberat apapun halangan yang mungkin kita temui, kita tetap tangguh.

0 komentar:

 
Free new blogger template ABSTRACT MIND Design by Pannasmontata             Powered by    Blogger